Jangan Tunda Ganti Oli

Home > News
17 MAY

Jangan Tunda Ganti Oli

   
  3/5/2012 2:02:43 PM
 

Kenaikan Harga BBM tinggal mennggu waktu. setiap pengendara pasti telah mesakan pengaruhnya terhadap pengeluaran. berbagai cara penghematan pun mulai diterapkan.

Namun sangat disarankan agar jangan pernah meniru cara yang satu ini, demi menekan pengeluaran ganti oli dilakukan lebih jarang. meskipun Km sudah menunjukkan jarak yang jauh tapi oli tidak kunjung diganti.

Pengeluaran untuk ganti oli memang bisa ditekan, tapi efek keseluruhan jangka panjang mungkin akan lebih boros. jika oli yang sudah kurang bagus tetap dipaksa bekerja, komponen2 yang semestinya dilumasi akan semakin aus. piston, ring piston atau katup2 tidakmengalami pelumasan yang baik sehingga bisa terjadi kerusakan lebih cepat. efek lainnya konsumsi Oli pun lebih boros karena oli ikut terbakar ditandai dengan keluarnya asap putih tebal dari ujung knalpot.

Oleh karena itu meskipun harga BBM naik, Jangan melakukan penghematan dengan memperpanjang masa penggantian Oli. Jika kualitas oli sudah jelek segera ganti dengan yang baru. Indikator penggatian oli ini biasanya dengan melihat Km yang sudah ditempuh. Bahkan khusus kepada pengendara di lalu lintas macet, disarankan agar penggantian Oli tidak semata-mata bersandar pada angka Km. ada baiknya penggantian oli dipercepat dari ketentuan angka di Km. Sebab, saat mobil terjebak macet angka Km pasti tidak bertambah sementara mesin terus bekerja. artinya oli tidak berhenti melumasi komponen logam yang saling bersinggungan meskipun mobil tidak berjalan.

Indikator lain selain jarak Km untuk mengganti oli adalah dengan mendengarkan suara mesin. jika terasa lebih kasar pertanda kualitas Oli sudah buruk. Oli yang sudah harus diganti juga ditandai dengan menurunnya performa mesin.

Kaitan kualitas oli dan penghematan tidak hanya dapat mengurangi biaya perbaikan atau penggantian komponen-komponen yang aus. Oli yang berkualitas baik dalam melumasi akan memperingan gesekan diantara logam saat mesin bekerja.

Sebaliknya, Oli yang buruk akan memperberat gesekan berat yang mengakibatkan putaran mesin lebih berat inilah yang membuat konsumsi BBM lebih boros

 

By: Admin| event